Iklan Responsive

Pengetahuan dasar mengenai pipa HDPE

|

PE 100 atau HDPE atau PE (polyethylene) adalah material yang dihasilkan dari proses pemurnian minyak bumi menjadi BBM (bahan bakar minyak).  Penggambaran prosesnya adalah sebagai berikut:
CRUDE OIL —–>PROSES HYDROCRACKER ———> NAFTA
NAFTA———–>PROSES BIMODAL ——————> HDPE (HIGH DENSITY POLYETHYLENE)
NAFTA———–>PROSES UNIMODAL—————-> ETHYLENE
Jadi NAFTA yang diolah secara BIMODAL yang akan menghasilkan HDPE (PE100). Generasi yang kita kenal sebagai HDPE / PE 100 adalah merupakan penyempurnaan dari proses sebelumnya (secara UNIMODAL). Dulu ada dikenal PE 63 untuk pertama kalinya dan dilanjutkan dengan proses UNIMODAL yang lebih baik dihasilkan PE80 yang merupakan generasi ke 2. Dan saat ini, dengan terobosan baru pada proses BIMODAL dihasilkan PE100 atau sering juga disebut HDPE (high density polyethylene).
Pipa HDPE sangat lentur dan tidak patah

SDR dan PN

SDR adalah STANDARD DIMENTION RATIO yaitu perbandingan antara tebal pipa dengan OD (out side diameter) pipa. SDR merupakan OD pipa dibagi Ketebalan pipa (wall thickness). Perlu diingat, pipa HDPE selalu menggunakan perhitungannya adalah OUTSIDE DIAMETER (OD) dan bukan ID (inside diameter). Pipa HDPE sama dengan pipa PVC, yaitu menggunakan OD. Sedangkan pipa besi, alumunium dan tembaga menggunakan ID.
PN adalah PRESSURE NUMBER. Yaitu angka yang menunjukkan ketahanan pipa HDPE dari tekanan dari dalam. PN 10, berari pipa tersebut tahan hingga 10bars. Untuk dapat tahan hingga 10bars, pipa harus memiliki SDR 17. Silakan periksa gambar dibawah ini.




KEUNGGULAN PIPA HDPE

HDPE tidak bereaksi secara kimiawi dengan material lain, berbeda dengan logam atau semen, sehingga tidak perlu dibuat lapisan yang bersifat melindungi atau proses finishing. Dengan demikian dapat menekan biaya tambahan dan menghilangkan resiko kegagalan pada saat proses tersebut dilakukan.
  • HDPE dapat mengatasi kondisi alam ekstrim pada saat gempa bumi atau tanah longsor.
  • HDPE telah sukses pada saat uji coba dalam simulasi aktifitas seismik hingga 7 Skala Richter.
  • Terbukti pada Gempa bumi di Kobe, Jepang (1995), dan Tsunami di Phuket (Thailand) 2004.
Penyambungan pipa HDPE

Gempa Bumi di Kobe, Jepang

Sumber : Japan Water Work Association Damage to Water  Work Pipes During the Great Hanshin – Awaji Earthquake and Their Evaluation
Pemerintah Jepang Membuat Kebijakan Industri baru : Dalam rangka mewujudkan sistem pemipaan yang lebih secure / aman, Pemerintah Jepang  mengarahkan produsen utama pembuat pipa DCIP dan PVC yang selama ini dipergunakan untuk distribusi air dan gas, agar mengganti materialnya dengan PE.
Pada November 1995, Produsen utama PVC Jepang membuat Asosiasi Produsen Pipa PE untuk Air yang beranggotakan 10 Perusahaan termasuk :
• Sekisui Chemical Co. Ltd.
• Mitsubishi Plastics Inc, the largest manufacturer of PVC pipe
• Mitsui  Chemical Inc, the leading industrial chemical company in Japan.
Pada Februari 1996, 8 Produsen DCIP termasuk Kubuto Corporation membentuk “Polyethylene Piping System Integrated Technology & Engineering Center (PPSITEC)”.

Tsunami di Thailand

Sumber : American Society of Civil Engineers
Sebagian besar kerusakan jalan dan jaringan pipa bawah tanah di Theptaro Lagoon Beach akibat erosi tanah (berstruktur pasir), tetapi kegiatan restorasi menjadi mudah dan cepat karena sebagian besar jaringan pipa HDPE masih utuh.
Pabrikasi pipa HDPE di proyek biogas Riau

MATERIAL YANG  FLEKSIBEL

Sampai dengan diameter 110 mm dapat digulung @ 100 meter per coil,  atau sesuai pesanan. Biaya angkutan lebih murah, waste kecil.
Pipa HDPE secara fleksibel menerima tekanan dan setiap sisi dapat memberikan support respon terhadap tekanan (maks. Elastisitas 6%). Pipa PVC (rigid), sehingga terjadi titik-titik yang potensial untuk pecah (crack)
 
Pipa HDPE pada aerator biogas


TIDAK KOROSI DAN MENYIMPAN ENDAPAN
 
Pipa besi yang mudah karat dan hancur

RINGAN

Berat pipa HDPE adalah 1/6 dari berat pipa besi sehingga memudahkan proses instalasi. Hal ini dapat mengurangi biaya intalasi dalam hal waktu, pengangkatan dan transportasi.


 Jarwostok
0812 801 36 339
0896 1309 5956
jarwostok@gmail.com

http://wargatehnikmekanika.weebly.com/http://miningpipe.blogspot.com/2012/03/jarwostok-is-hdpe-piping-system-company.htmlhttps://www.facebook.com/pages/Supply-Install-HDPE-pipes/367761643248640https://plus.google.com/u/0/104933954599664501696/posts

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar